Workshop Perumusan Baseline Penelitian Atas Pemulihan Hak-Hak Kelompok Minoritas Agama di NTB, Jawa Timur dan Kalimantan Barat

Kegiatan pengumpulan data terkait kasus pelanggaran KBB di tiga wilayah serta informasi lain untuk perumusan baseline penelitian dilakukan melalui focus group discussion.

Desk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Desk KBB Komnas HAM bersama dengan Human Rights Working Group menyelenggarakan kegiatan Workshop Perumusan Baseline Penelitian atas Pemulihan Hak-hak Kelompok Minoritas Agama di NTB, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat pada tanggal 17 Oktober 2017 di Hotel Ashley, Jakarta Pusat. Tujuan dari kegiatan ini adalah secara partisipatif melakukan perumusan masalah yang menjadi fokus penelitian, desain dan strategi pengumpulan data, serta analisis dan pelaporan hasil penelitian. Kegiatan ini selain dihadiri oleh perwakilan korban dari kelompok minoritas agama juga dihadiri oleh aktivis ataupun perwakilan organisasi HAM, lembaga pemerintah serta organisasi keagamaan yang aktif dalam isu hak atas kebebasan beragama dan berkeyakinan. Kelompok korban yang dilibatkan dalam workshop ini adalah perwakilan dari kelompok Gafatar, komunitas Syiah Sampang dan komunitas Ahmadiyah Nusa Tenggara Barat. Informasi yang telah terkumpul dari workshop ini sangat berguna sebagai dasar untuk tahapan selanjutnya yaitu melakukan penelitian lapang terkait pemulihan hak-hak kelompok minoritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *