Call For Articles !

Website hakberagama.or.id mengundang publik untuk berkontribusi dalam bentuk artikel / opini dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Artikel merupakan karya asli penulis dan tidak mengandung unsur plagiat.
  2. Menyertakan lengkap biodata penulis dengan identitas asli (Foto/scan KTP, Passport dan/atau Nomor KTP), keterangan penulis (diletakkan di bagian halaman terakhir tulisan), meliputi: Nama lembaga, instansi, atau perguruan tinggi, alamat email, website (bila ada).
  3. Tulisan dapat berupa artikel hasil penelitian maupun konseptual (lepas) dan aplikasi teori, dan laporan kasus atau resensi buku.
  4. Tulisan berkaitan langsung dengan isu hak atas pemulihan hak‐hak korban kebebasan beragama atau kebebasan beragama atau berkeyakinan secara umum di Indonesia.
  5. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia (dimungkinkan untuk mengirimkan terjemahan dengan Bahasa Inggris dan akan diunggah secara bersamaan) dengan jumlah kata 1000‐2000 kata, termasuk daftar pustaka (bila ada).
  6. Judul naskah berbahasa Indonesia terdiri maksimal 12 kata, dengan menggunakan bodynote atau endnote (bukan footnote), atau untuk sumber online, disertakan hyperlink.
  7. Tulisan bersifat argumentatif, ada tesis atau call for action yang ditawarkan, dan tidak mengandung ujaran kebencian, permusuhan dan kekerasan.
  8. Redaksi HakBeragama.or.id berhak menyunting dan/atau mengedit isi naskah tanpa mengubah substansi, dan Redaksi berhak menolak tulisan yang diajukan bila tidak masuk dalam kriteria.
  9. Infografik, gambar, dan data visual lainnya menjadi kelebihan tulisan dan pertimbangan lebih Redaksi untuk menerima.
  10. Redaksi akan memberikan insentif atas tulisan yang dimuat dan dikomunikasikan langsung dengan penulis.
  11. Redaksi hanya akan mempublikasikan 4 tulisan per bulan dan bila slot untuk bulan tertentu sudah terpenuhi, maka akan diterbitkan untuk bulan berikutnya.

 

Penulis dapat mengirimkan naskah artikel disertai dengan Curriculum Vitae terbaru dalam bentuk softcopy kepada: hakberagama@gmail.com (Narahubung: Fatmah 085714346499).

 

Penyunting berhak menyeleksi dan mengedit naskah yang masuk. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan kepada penulis. Prioritas pemuatan naskah didasarkan pada penilaian substansi yang masuk ke Desk KBB Komnas HAM dan HRWG. Substansi tulisan atau artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

 

Unduh Dokumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *